RPP KTSP KELAS IX MASALAH KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                            : SMP SMIP 1946
Mata Pelajaran               : Matematika
Materi                              : Kesebangunan
Kelas / Semester             : IX B / Ganjil
Alokasi Waktu                : 2 x 40 menit
Tahun Pelajaran            : 2017/2018
Pertemuan Ke-               : 1

A.    Standar Kompetensi
1.      Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mengidentifikasikan bangun – bangun datar  yang sebangun dan kongruen
C.    Indikator
1.      Menentukan  panjang sisi yang belum diketahui dari dua bangun datar yang sebangun.
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti  pembelajaran diharapkan peserta didik:
1.      Mampu menentukan  panjang sisi yang belum diketahui dari dua bangun datar yang sebangun.
E.     Materi Pembelajaran
Kesebangunan (Terlampir 1)
F.     Model dan Metode Pembelajaran
Model : Active Learning
Metode: Ekspositori dan Penugasan.
G.    Langkah – langkah kegiatan
No
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.      Guru mengucap salam.
2.      Guru memeriksa ke hadiran  peserta didik
3.      Guru membuka pelajaran dengan membaca basmalah.
4.      Guru meminta peserta didik untuk mempersiapkan buku  dan alat tulis sebelum pelajaran di mulai.
5.      Apersepsi: Guru meng ingatkan kembali materi sebelumnya tentang syarat bangun datar yang sebangun.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
5 Menit
2
Kegiatan Inti
v  Eksplorasi:
1.      Guru menjelaskan  materi tentang  menentukan panjang sisi yang belum diketahui dari dua bangun datar yang sebangun.
2.      Guru memberikan contoh soal.
v  Elaborasi
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
2.      Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok (Tugas: Terlampir 2)
3.      Guru meminta setiap perwakilan kelompok maju kedepan untuk menjawab salah satu tugas yang diberikan


v  Konfirmasi
1.      Guru menaggapi jawaban peserta didik sebagai klarifikasi kebenaran jawaban peserta didik.










70 Menit
3
Penutup
1.      Guru dan peserta didik bersama-sama membuat  kesimpulan dari materi yang  telah dipelajari.
2.   Guru memberikan pekerjaan rumah  (Terlampir 2)
3.    Meminta peserta didik mengulangi pelajaran dan mempelajari materi selanjutnya.
4.   Mengucapkan terima kasih serta menutup  pembelajaran dengan membaca hamdalah dan salam.
5 Menit

H.    Media dan Sumber Belajar
Media             : Caption
Sumber Belajar : (Buku Pegangan  Peserta Didik) Terbitan PT Intan Pariwara, Buku Paket Matematika  Kelas IX SMP
v  Instrumen penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Kunci jawaban
1.      Menentukan  panjang sisi yang belum diketahui dari dua bangun datar yang sebangun
Tes Tertulis
Uraian
(Terlampir 2)
(Terlampir 2)


         Lampiran 1   (Materi Ajar)
KESEBANGUNAN
Untuk menetukan panjang sisi yang belum diketahui dari dua bangun datar yang sebangun dapat ditentukan dengan syrat – syarat berikut:
1.      Sisi- sisi yang bersesuain  sebanding.
2.      Sudut – sudut bersesuain sama besar.

Contoh :
Perhatikan gambar dibawah ini.

 







Diketahui trapesium ABCD dan trapesium KLMN sebangun.
a.       Hitunglah panjang sisi AB
b.      Hitunglah panjang sisi PS
Text Box: b.    AD/(PS ) = DC/SR
       4/(PS ) = 6/12
             PS x 6 = 4 x 12
             PS = 48/6 = 8cm

Jawab:
a.       =  
 =  
AB x 12 = 16 x 6
AB =  = 8 cm




Lampiran 2 (Tugas Kelompok)
1.      Perhatikan gambar dibwah ini

 




Diketahui trapesium ABCD dan KLMN sebangun, tentukan
a.       Panjang sisi AD
b.      Panjang sisi MN
2.      Perhatikan gambar dinbawah ini
 




       Diketahui trapesium ABCD dan PQRS sebangun, tentukan panjang sisi DC..?

Kunci Jawaban
Skor
1.    a.    AD = …?
 =
 =  
AD x 16 = 12 x 20
AD =
      = 15 cm
b.   MN = …?
 =
 =  
MN x 12 = 18 x 16
MN =
       = 24 cm
2.    DC = …?
 =
 =  
DC x 12 = 16 x 24
DC =
      = 32 cm

5

5
5
5


5
5
5

5



5
5
5
5
Skor Maksimal
60
Text Box: Nilai Tugas =  (Skor Perolehan)/(Skor Maksimal) x 100



(PR)
1.      Perhatikan gambar berikut  
                          
                                    p cm                    15 cm           116
                             116   44                            44            
 

                     16 cm                                            20 cm
                 
Jika kedua segi empat di atas  sebangun, nilai p = …



Komentar

Postingan populer dari blog ini

11 pertanyaan dan jawaban tugas ilmu pendidikan

MAKALAH ILMU PENDIDIKAN "BATAS-BATAS PENDIDIKAN"

Makalah Kenakalan Anak SD