RPP KTSP KELAS IX MASALAH KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP SMIP 1946
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Kesebangunan
Kelas / Semester :
IX B / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Pertemuan Ke- :
1
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengidentifikasikan bangun – bangun datar yang sebangun dan kongruen
C.
Indikator
1.
Menentukan panjang sisi yang belum diketahui dari dua
bangun datar yang sebangun.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan peserta didik:
1. Mampu
menentukan panjang sisi yang belum
diketahui dari dua bangun datar yang sebangun.
E.
Materi Pembelajaran
Kesebangunan (Terlampir 1)
F.
Model dan Metode Pembelajaran
Model : Active Learning
Metode: Ekspositori dan Penugasan.
G.
Langkah – langkah kegiatan
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucap salam.
2.
Guru memeriksa ke hadiran peserta didik
3.
Guru membuka pelajaran dengan membaca basmalah.
4.
Guru meminta peserta didik untuk mempersiapkan buku dan alat tulis sebelum pelajaran di mulai.
5.
Apersepsi: Guru meng ingatkan kembali
materi sebelumnya tentang syarat bangun datar yang sebangun.
6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai.
|
5 Menit
|
2
|
Kegiatan
Inti
|
v Eksplorasi:
1.
Guru
menjelaskan materi tentang menentukan panjang sisi yang belum diketahui
dari dua bangun datar yang sebangun.
2.
Guru
memberikan contoh soal.
v
Elaborasi
1.
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa
kelompok.
2.
Guru
memberikan tugas kepada setiap kelompok
(Tugas: Terlampir 2)
3.
Guru meminta setiap perwakilan
kelompok maju kedepan untuk menjawab salah
satu tugas yang diberikan
v
Konfirmasi
1. Guru menaggapi jawaban peserta didik sebagai
klarifikasi kebenaran jawaban peserta didik.
|
70 Menit
|
3
|
Penutup
|
1. Guru dan peserta didik bersama-sama membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
2. Guru memberikan pekerjaan rumah (Terlampir 2)
3. Meminta peserta didik mengulangi pelajaran dan mempelajari
materi selanjutnya.
4. Mengucapkan terima kasih serta menutup pembelajaran
dengan membaca hamdalah dan salam.
|
5 Menit
|
H.
Media dan Sumber Belajar
Media : Caption
Sumber
Belajar : (Buku Pegangan
Peserta Didik) Terbitan PT Intan Pariwara, Buku Paket Matematika
Kelas IX SMP
v Instrumen penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
|||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Kunci jawaban
|
|
1.
Menentukan panjang sisi
yang belum diketahui dari dua bangun datar yang sebangun
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
(Terlampir 2)
|
(Terlampir 2)
|
Lampiran 1 (Materi Ajar)
KESEBANGUNAN
Untuk menetukan panjang sisi yang belum
diketahui dari dua bangun datar yang sebangun dapat ditentukan dengan syrat –
syarat berikut:
1.
Sisi- sisi yang bersesuain
sebanding.
2.
Sudut – sudut bersesuain sama besar.
Contoh :
Perhatikan gambar dibawah ini.
![]() |
|||
![]() |
|||
Diketahui trapesium ABCD dan trapesium KLMN sebangun.
a.
Hitunglah
panjang sisi AB
b.
Hitunglah
panjang sisi PS

a.
=




AB x 12 = 16 x 6
AB =
= 8 cm

Lampiran 2 (Tugas Kelompok)
1. Perhatikan gambar
dibwah ini
![]() |
|||
![]() |
|||
Diketahui trapesium ABCD dan KLMN sebangun, tentukan
a. Panjang sisi AD
b. Panjang sisi MN
2.
Perhatikan gambar dinbawah
ini
![]() |
|||
![]() |
|||
Diketahui trapesium ABCD dan PQRS
sebangun, tentukan panjang sisi DC..?
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1. a.
AD = …?
![]() ![]() ![]() ![]()
AD x 16 = 12 x 20
AD =
![]()
= 15 cm
b. MN = …?
![]() ![]() ![]() ![]()
MN x 12 = 18 x 16
MN =
![]()
= 24 cm
2. DC = …?
![]() ![]() ![]() ![]()
DC x 12 = 16 x 24
DC =
![]()
= 32 cm
|
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
|
Skor Maksimal
|
60
|

(PR)
1. Perhatikan gambar berikut










![]() |
![]() |
||
16 cm 20
cm
Jika
kedua segi empat di atas sebangun, nilai
p = …
Komentar
Posting Komentar