contoh silabus semester ganjil kelas 7 pembelajaran matematika

SILABUS SEMETER GANJIL
                                   Sekolah                      : MTs Negeri
                                   Mata Pelajaran           : Matematika
                                   Kelas/program           : VII
                                   Tahun Pejaran            : 2016-2017
Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori





KD
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.      Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
2.      Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
BILANGAN
1.1  membandingkan bilangan bulat
1.2  menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
1.3  mengalikan dan membagi bilangan bulat
1.4  kelipatan dan faktor bilangan bulat
1.5  membandingkan bilangan pecahan
1.6  penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan
1.7  mengalikan dan membagi bilangan pecahan
1.8  memahami bilangan rasional
1.9  memahami pola bilangan
























































Ulangan Harian

Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model
Think pair and share






Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Snowball Throwin



Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Snowball Throwring




Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe TAI(Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction)


Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Kepala bernomor Struktur







Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Kepala bernomor Struktrur







Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Investigasion go around (invetigasi kelompok)


Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Snowball Throwing




1.      Siswa dapat membedakan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif dari himpunan bilangan bulat yang disajikan


2.      Siswa dapat menetukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat


3.      Siswa dapat menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat



4.      Siswa dapat menentukan KPK dengan faktorisasi prima dari bilangan-bilangan yang disajikan




5.      Siswa dapat membandingkan bilangan pecahan dengan menggunakan tanda ( < ; > ; =) dari pecahan- pecahan yang disajikan

6.      Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan jika  penyebut sama


7.      Siswa dapat menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan pecahan.

8.      siswa dapat membedakan bilangan rasional dan irasional.


9.      siswa dapat menentukan hasil pola bilangan ke-n dengan menggunakan rumus pola yang sudah ditemukan
Observasi:
·           disiplin
·           tanggung jawab
portofolio:
menilai lporan tertulis siswa atau kelompok mengenai bilangan

Tes :
·           mengerjakan soal-soal mengenai bilangan
2 x 40 menit










5 x 40 menit






5 x 40 menit







3 x 40 menit









3 x 40 menit









3 x 40 menit










3 x 40 menit






5 x 40 menit





3 x 40 menit


2        x 40 menit





2 x 40 menit
Buku Matematika Kemendikbud 2013 Edisi Revisi
Memahami pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
2.1         Memahami Konsep Himpunan dan Diagram Venn
2.2         Memahami Relasi Himpunan
2.3         Memahami Operasi Himpunan











Ulangan Harian
Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Jigsaw



Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Debat




Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Jigsaw

Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Group Investigasi


Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Berbasis Masalah

Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Berbasis Masalah
1.      Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan sengan diagram venn
2.      Menyajikan kurang (selisih) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram venn
3.      Menyajikan komplemen himpunan


4.      Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram venn dan konsep himpunan
5.      Menentukan relasi himpunan dari yang diketahui

6.      Menentukan operasi himpunan dari yang diketahui
Observasi :
·      Disiplin dan bertanggung jawab
·      Rasa ingin tahu

Portofolio :
·      Menilai laporan tertulis siswa atau kelompok mengenai konsep himpunan

Tes:
Mengerjakan soal-soal mengenai konsep dasar Himpunan
4        x 40 menit






5        x 40 menit







7        x 40 menit



















2 x 40 menit

Buku Matematika Kemendikbud 2013 Edisi Revisi
1. Memahami konsep
perbandingan dan
menggunakan bahasa
perbandingan dalam
mendeskripsikan
hubungan dua besaran
atau lebih.
2. Menggunakan konsep
perbandingan untuk
menyelesaikan
masalah nyata dengan
menggunakan tabel dan
grafik.
3. Menyelesaikan
permasalahan dengan
menaksir besaran
yang tidak diketahui
menggunakan grafik
3.1  Menentukan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda

3.2  Menyelesaikan Masalah Proporsi

3.3  Menyelesaikan Masalah Skala

















Ulangan Harian

Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Artikulasi


Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Pembelajaran Langsung


Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Cooperative Learning


Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Cooperative Learning

Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Pembelajaran Langsung

Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Pembelajaran Langsung

1. Siswa dapat menentukan bentuk perbandingan dari suatu permasalahan yang diketahui


3.      Siswa dapat Menemukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda


3. Siswa dapat menentukan perbandingan kecepatan dengan menyamakan satuannya


4. Siswa dapat menentukan perbandingan kecepatan dengan menyamakan satuannya

5. Siswa dapat menentukan apakah suatu masalah yang diketahui termasuk masalah proporsi

6.Siswa dapat menentukan jarak sebenarnya jika skala pada peta dan jarak pada peta diketahui
Observasi
·      Disiplin dan bertanggung jawab
·      Rasa ingin tahu


Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan perbandingan:


2 x 40 menit





8 x 40 menit



6        x 40 menit




2           x 40 menit







3           x 40 menit




3        x 40 menit







2 x 40 menit
Buku Matematika Kemendikbud 2013 Edisi Revisi
1. Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
2.Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata

4.1         Memahami Kedudukan Garis dan Sudut
4.2         Memahami Hubungan antar Sudut




























Ulangan Harian

Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Model Jigsaw


Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Pembelajaran langsung


Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model STAD


Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Pembelajaran langsung



Guru menggunakan Pendekatan Saintifik dengan
Model Artikulasi

·         Siswa dapat menentukan posisi satu atau lebih titik terhadap garis dan bidang
·         Siswa dapat menentukan kedudukan satu garis atau lebih




·         Siswa dapat menentukan besar sudut yang terbentuk beserta nama sudut tersebut
·         Siswa dapat menentukan hubungan sudut berpelurus, sudut berpenyiku maupun sudut yang saling bertolak belakang

·         Siswa dapat menetukan besar sudut yang terbentuk dari dua garis atau lebih menggunakan hubungan sudut.
Observasi
·      Teliti
·      Disiplin dan bertanggung jawab


Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan perbandingan:

10 x 40 menit





10 x 40 menit


























2 x 40 menit
Buku Matematika Kemendikbud 2013 Edisi Revisi




Komentar

Postingan populer dari blog ini

11 pertanyaan dan jawaban tugas ilmu pendidikan

MAKALAH ILMU PENDIDIKAN "BATAS-BATAS PENDIDIKAN"

Makalah Kenakalan Anak SD