contoh silabus semester ganjil kelas 7 pembelajaran matematika
SILABUS SEMETER GANJIL
Sekolah : MTs Negeri
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/program
: VII
Tahun Pejaran
: 2016-2017
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
KD
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1.
Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis
bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan
dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
2.
Menggunakan
pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
|
BILANGAN
1.1 membandingkan bilangan bulat
1.2 menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
1.3 mengalikan dan membagi bilangan bulat
1.4 kelipatan dan faktor bilangan bulat
1.5 membandingkan bilangan pecahan
1.6 penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan
1.7 mengalikan dan membagi bilangan pecahan
1.8 memahami bilangan rasional
1.9 memahami pola bilangan
Ulangan
Harian
|
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model
Think pair and share
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Snowball Throwin
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Snowball Throwring
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI(Team Assisted Individualization
atau Team Accelerated Instruction)
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Kepala bernomor Struktur
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Kepala bernomor Struktrur
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Investigasion go around (invetigasi
kelompok)
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Snowball Throwing
|
1.
Siswa
dapat membedakan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif dari
himpunan bilangan bulat yang disajikan
2.
Siswa
dapat menetukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
3.
Siswa
dapat menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat
4.
Siswa
dapat menentukan KPK dengan faktorisasi prima dari bilangan-bilangan yang
disajikan
5.
Siswa
dapat membandingkan bilangan pecahan dengan menggunakan tanda ( < ; > ;
=) dari pecahan- pecahan yang disajikan
6.
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
jika penyebut sama
7.
Siswa
dapat menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan pecahan.
8.
siswa
dapat membedakan bilangan rasional dan irasional.
9.
siswa
dapat menentukan hasil pola bilangan ke-n dengan menggunakan rumus pola yang
sudah ditemukan
|
Observasi:
·
disiplin
·
tanggung
jawab
portofolio:
menilai
lporan tertulis siswa atau kelompok mengenai bilangan
Tes
:
·
mengerjakan
soal-soal mengenai bilangan
|
2 x 40 menit
5 x 40 menit
5 x 40 menit
3 x 40 menit
3 x 40 menit
3 x 40 menit
3 x 40 menit
5 x 40 menit
3 x 40 menit
2
x 40 menit
2 x 40 menit
|
Buku
Matematika Kemendikbud 2013 Edisi Revisi
|
Memahami
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan
dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
|
2.1
Memahami
Konsep Himpunan dan Diagram Venn
2.2
Memahami
Relasi Himpunan
2.3
Memahami
Operasi Himpunan
Ulangan Harian
|
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Jigsaw
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Debat
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Jigsaw
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Group
Investigasi
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Berbasis
Masalah
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Berbasis
Masalah
|
1.
Menyajikan
gabungan atau irisan dua himpunan sengan diagram venn
2.
Menyajikan
kurang (selisih) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram venn
3.
Menyajikan
komplemen himpunan
4.
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan diagram venn dan konsep himpunan
5.
Menentukan
relasi himpunan dari yang diketahui
6.
Menentukan
operasi himpunan dari yang diketahui
|
Observasi :
· Disiplin dan bertanggung jawab
· Rasa ingin tahu
Portofolio :
· Menilai laporan tertulis siswa atau kelompok mengenai konsep himpunan
Tes:
Mengerjakan soal-soal mengenai konsep dasar Himpunan
|
4
x 40 menit
5
x 40 menit
7
x 40 menit
2 x 40 menit
|
Buku
Matematika Kemendikbud 2013 Edisi Revisi
|
1.
Memahami konsep
perbandingan
dan
menggunakan
bahasa
perbandingan
dalam
mendeskripsikan
hubungan
dua besaran
atau
lebih.
2.
Menggunakan konsep
perbandingan
untuk
menyelesaikan
masalah
nyata dengan
menggunakan
tabel dan
grafik.
3.
Menyelesaikan
permasalahan
dengan
menaksir
besaran
yang
tidak diketahui
menggunakan
grafik
|
3.1 Menentukan
Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
3.2
Menyelesaikan
Masalah Proporsi
3.3 Menyelesaikan
Masalah Skala
Ulangan Harian
|
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Artikulasi
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Pembelajaran
Langsung
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Cooperative
Learning
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Cooperative
Learning
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Pembelajaran
Langsung
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Pembelajaran
Langsung
|
1. Siswa dapat menentukan bentuk perbandingan dari
suatu permasalahan yang diketahui
3.
Siswa dapat Menemukan
perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda
3. Siswa dapat menentukan perbandingan kecepatan
dengan menyamakan satuannya
4. Siswa dapat menentukan perbandingan kecepatan
dengan menyamakan satuannya
5. Siswa dapat menentukan apakah suatu masalah yang
diketahui termasuk masalah proporsi
6.Siswa
dapat menentukan jarak sebenarnya jika skala pada peta dan jarak pada peta
diketahui
|
Observasi
· Disiplin dan bertanggung jawab
· Rasa ingin tahu
Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan perbandingan:
|
2 x
40 menit
8
x 40 menit
6
x 40 menit
2
x 40 menit
3
x 40 menit
3
x 40 menit
2 x 40 menit
|
Buku
Matematika Kemendikbud 2013 Edisi Revisi
|
1. Memahami
berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
2.Menerapkan
berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian
matematis serta pemecahan masalah nyata
|
4.1
Memahami Kedudukan Garis dan Sudut
4.2
Memahami Hubungan antar Sudut
Ulangan Harian
|
Guru menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan Model Jigsaw
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Pembelajaran
langsung
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model STAD
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Pembelajaran
langsung
Guru
menggunakan Pendekatan Saintifik
dengan
Model Artikulasi
|
·
Siswa dapat menentukan posisi satu
atau lebih titik terhadap garis dan bidang
·
Siswa dapat menentukan kedudukan
satu garis atau lebih
·
Siswa dapat menentukan besar sudut
yang terbentuk beserta nama sudut tersebut
·
Siswa dapat menentukan hubungan
sudut berpelurus, sudut berpenyiku maupun sudut yang saling bertolak belakang
·
Siswa dapat menetukan besar sudut
yang terbentuk dari dua garis atau lebih menggunakan hubungan sudut.
|
Observasi
· Teliti
· Disiplin dan bertanggung jawab
Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan perbandingan:
|
10 x 40 menit
10 x 40 menit
2 x 40 menit
|
Buku
Matematika Kemendikbud 2013 Edisi Revisi
|
Komentar
Posting Komentar