contoh program tahuana kelas 7 pembelajaran matematika

PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan                  : MTsN
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas                                       : VII
Tahun Pelajaran                       : 2016/2017
KI.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

SEMESTER GANJIL
KD
Materi
Alokasi Waktu
Keterangan
1.      Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
2.      Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
Bab 1 : Bilangan

1.1         Membandingkan Bilangan Bulat

1.2         Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Bulat

1.3         Mengalikan dan Membagi Bilangan Bulat

1.4         Kelipatan dan Faktor Bilangan Bulat

1.5         Membandingkan Bilangan Pecahan

1.6         Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Pecahan

1.7         Mengalikan dan Membagi Bilangan Pecahan

1.8         Memahami Bilangan Rasional

1.9         Memahami Pola Bilangan

32
1 JP (40 menit )
1.      Memahami pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
Bab 2 : Himpunan
2.1         Memahami Konsep Himpunan dan Diagram Venn
2.2         Memahami Relasi Himpunan
2.3         Memahami Operasi Himpunan
16
1 JP (40 menit )
1.      Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
2.      Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
3.      Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik.
Bab 3 : Perbandingan
3.1         Memahami Perbandingan
3.2         Menentukan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda 
3.3         Menyelesaikan Masalah Proporsi
3.4         Menyelesaikan Masalah Skala
24
1 JP (40 menit )
1.      Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
2.      Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata.
Bab 4 : Garis dan Sudut
4.1         Memahami Kedudukan Garis dan Sudut
4.2         Memahami Hubungan antar Sudut

20
1 JP (40 menit )
Cadangan
8
1 JP (40 menit )
Jumlah
100
1 JP (40 menit )








SEMESTER GENAP
KD
Materi
Waktu (JP)
Keterangan
1.      Memahami sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk
2.      menentukan keliling dan luas. Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri.
3.      Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifatsifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang
Bab 1 : Segi Empat dan Segitiga
1.1         Memahami Jenis dan Sifat Segi Empat
1.2         Memahami Keliling dan Luas Segi Empat .
1.3         Memahami Jenis dan Sifat Segitiga
1.4         Memahami Keliling dan Luas Segitiga
1.5         Menaksir Luas Bangun Datar Tidak Beraturan
15
1 JP (40 menit )
1.      Menentukan nilai variabel dalam persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
2.      Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmetika social sederhana.
3.      Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Bab 2 : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel serta Arimetika Sosial
2.1         Menemukan konsep Persamaan Linear Satu Variabel
2.2         Bantuk Setara (Ekuivalen) Persamaan Linear Satu Variabel
2.3         Menemukan Konsep Pertidaksamaan
2.4         Memahami Aritmetika Sosial
18
1 JP (40 menit )
1.      Memahami konsep transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dilatasi) menggunakan objek-objek geometri.
2.      Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dilatasi) dalam memecahkan permasalahan nyata.
Bab 3 : Transformasi
3.1         Memahami Konsep Refleksi
3.2         Memahami Konsep Translasi
3.3         Memahami Konsep Rotasi
3.4         Memahami Konsep Dilatasi
3.5         Menerapkan Transformasi dalam Permasalahan Nyata
16
1 JP (40 menit )
1.      Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data.
2.      Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafi k batang, diagram lingkaran, dan grafi k garis.
3.      Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafi k.
4.      Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafi k.
Bab 4 : Peluang dan Statistik
4.1         Memahami Statistika
4.2         Memahami Peluang Empirik .
18
1 JP (40 menit )
Cadangan
8
1 JP (40 menit )
Jumlah
75
1 JP (40 menit )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

11 pertanyaan dan jawaban tugas ilmu pendidikan

MAKALAH ILMU PENDIDIKAN "BATAS-BATAS PENDIDIKAN"

Makalah Kenakalan Anak SD