contoh program tahuana kelas 7 pembelajaran matematika
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : MTsN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
VII
Tahun Pelajaran : 2016/2017
KI.1
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
SEMESTER GANJIL
|
|||
KD
|
Materi
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis
bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan
dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
2.
Menggunakan
pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
|
Bab 1 : Bilangan
1.1
Membandingkan
Bilangan Bulat
1.2
Menjumlahkan
dan Mengurangkan Bilangan Bulat
1.3
Mengalikan
dan Membagi Bilangan Bulat
1.4
Kelipatan
dan Faktor Bilangan Bulat
1.5
Membandingkan
Bilangan Pecahan
1.6
Menjumlahkan
dan Mengurangkan Bilangan Pecahan
1.7
Mengalikan
dan Membagi Bilangan Pecahan
1.8
Memahami
Bilangan Rasional
1.9
Memahami Pola Bilangan
|
32
|
1 JP (40 menit )
|
1.
Memahami
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan
dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
|
Bab 2 : Himpunan
2.1
Memahami
Konsep Himpunan dan Diagram Venn
2.2
Memahami
Relasi Himpunan
2.3
Memahami
Operasi Himpunan
|
16
|
1 JP (40 menit )
|
1.
Memahami konsep perbandingan dan menggunakan
bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
2.
Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
3.
Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik.
|
Bab 3 : Perbandingan
3.1
Memahami Perbandingan
3.2
Menentukan Perbandingan Dua
Besaran dengan Satuan yang Berbeda
3.3
Menyelesaikan Masalah Proporsi
3.4
Menyelesaikan Masalah Skala
|
24
|
1 JP (40 menit )
|
1.
Memahami berbagai konsep dan prinsip garis
dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
2.
Menerapkan
berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian
matematis serta pemecahan masalah nyata.
|
Bab 4 : Garis dan Sudut
4.1
Memahami Kedudukan Garis dan Sudut
4.2
Memahami Hubungan antar Sudut
|
20
|
1 JP (40 menit )
|
Cadangan
|
8
|
1 JP (40 menit )
|
|
Jumlah
|
100
|
1 JP (40 menit )
|
SEMESTER GENAP
|
|||
KD
|
Materi
|
Waktu (JP)
|
Keterangan
|
1.
Memahami
sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk
2.
menentukan
keliling dan luas. Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang
tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri.
3.
Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan sifatsifat persegi panjang,
persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang
|
Bab 1 : Segi Empat dan Segitiga
1.1
Memahami
Jenis dan Sifat Segi Empat
1.2
Memahami
Keliling dan Luas Segi Empat .
1.3
Memahami
Jenis dan Sifat Segitiga
1.4
Memahami
Keliling dan Luas Segitiga
1.5
Menaksir Luas
Bangun Datar Tidak Beraturan
|
15
|
1 JP (40 menit )
|
1.
Menentukan
nilai variabel dalam persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
2.
Menggunakan
konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmetika social sederhana.
3.
Membuat dan
menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Bab 2 : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear
Satu Variabel serta Arimetika Sosial
2.1
Menemukan
konsep Persamaan Linear Satu Variabel
2.2
Bantuk Setara
(Ekuivalen) Persamaan Linear Satu Variabel
2.3
Menemukan Konsep
Pertidaksamaan
2.4
Memahami
Aritmetika Sosial
|
18
|
1 JP (40 menit )
|
1.
Memahami
konsep transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dilatasi) menggunakan
objek-objek geometri.
2.
Menerapkan
prinsip-prinsip transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dilatasi) dalam
memecahkan permasalahan nyata.
|
Bab 3 : Transformasi
3.1
Memahami Konsep
Refleksi
3.2
Memahami
Konsep Translasi
3.3
Memahami
Konsep Rotasi
3.4
Memahami
Konsep Dilatasi
3.5
Menerapkan
Transformasi dalam Permasalahan Nyata
|
16
|
1 JP (40 menit )
|
1. Menemukan peluang empirik dari data luaran (output)
yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data.
2. Memahami teknik penyajian data dua variabel
menggunakan tabel, grafi k batang, diagram lingkaran, dan grafi k garis.
3. Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafi k.
4. Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik
dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafi k.
|
Bab 4 : Peluang dan Statistik
4.1
Memahami Statistika
4.2
Memahami Peluang Empirik .
|
18
|
1 JP (40 menit )
|
Cadangan
|
8
|
1 JP (40 menit )
|
|
Jumlah
|
75
|
1 JP (40 menit )
|
Komentar
Posting Komentar