contoh program semester genap kelas 7 pembelajaran matematika

PROGRAM SEMESTER

Satuan Pendidikan                  : MTs
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas                                       : VII
Semester                                 : Genap
Tahun Pelajaran                       : 2016/2017

KI.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



KD
BAB
Materi
 Butir Materi
Jumlah JP
Bulan
KET
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1.      Memahami sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk
2.      menentukan keliling dan luas. Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri.
3.      Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifatsifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang
I
Segitiga dan SegiEmpat

15




1.1  Memahami Jenis dan Sifat Segi Empat.

2
2




























1.2  Memahami Keliling dan Luas Segi Empat

3
3




























1.3   Memahami Jenis dan Sifat Segitiga

4

4



























1.4  Memahami Keliling dan Luas Segitiga

3

1
2


























1.5  Menaksir Luas Bangun Datar Tidak Beraturan

3


3


























Ulangan Harian
2



2























1.      Menentukan nilai variabel dalam persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
2.      Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmetika social sederhana.
3.      Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
II
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel serta Aritmatika Sosial

18





2.1  Menemukan konsep Persamaan Linear Satu Variabel

3



3

























2.2  Bantuk Setara (Ekuivalen) Persamaan Linear Satu Variabel

4




4

























2.3  Menemukan Konsep Pertidaksamaan

5




1
4























2.4  Memahami Aritmetika Sosial

6





1

5





















Ulangan Harian
2








2


















1.      Memahami konsep transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dilatasi) menggunakan objek-objek geometri.
2.      Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dilatasi) dalam memecahkan permasalahan nyata.
III
Transformasi

16




3.1  Memahami Konsep Refleksi

4








3
1



















3.2  Memahami Konsep Translasi

3









3



















3.3  Memahami Konsep Rotasi

3









1

2

















3.4  Memahami Konsep Dilatasi

3











3

















3.5  Menerapkan Transformasi dalam Permasalahan Nyata
3












3
















Ulangan Harian
2












2














1.      Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data.
2.      Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafi k batang, diagram lingkaran, dan grafi k garis.
3.      Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafi k.
4.      Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafi k.
IV
Peluang dan Statistik

18



4.1  Memahami Statistika

9















5
4












4.2  Memahami Peluang Empirik

9
















1

5

3








Ulangan Harian
2




















2






Jumlah JP Perminggu
75 JP
5
5
5
5
5
5
-
5
5
5
-
5
5
-
-
5
5

5
-
5
-
-
-
-
-




Keterangan : Minggu tidak efektif (sesuai warna)
            : Perkiraan Try Out UN untuk Kelas IX                                
: Perkiraan Ulangan Kenaikan Kelas
: Ulangan Tengah Semester (UTS)                                                    
: Remedial dan Pembagian Raport
: Perkiraan UAMBN dan PPDB 2017/2018                                                                                              : Libur Semester Genap, Perkiraan Hari Raya Idul Fitri dan Cuti Bersama
            : Perkiraan Ujian Madrasah                                                                                                                       : Ulangan Harian (Diambil dari waktu cadangan)
            : Perkiraan Ujian Nasional (UN)                                               
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

11 pertanyaan dan jawaban tugas ilmu pendidikan

MAKALAH ILMU PENDIDIKAN "BATAS-BATAS PENDIDIKAN"

PENDEKATAN FORMAL DAN INFORMAL