contoh program semester genap kelas 7 pembelajaran matematika
PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan :
MTsN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
VII
Semester : Genap
Tahun Pelajaran : 2016/2017
|
KI.1
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
|
KD
|
BAB
|
Materi
|
Butir Materi
|
Jumlah JP
|
Bulan
|
KET
|
|||||||||||||||||||||||||
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
|
1. Memahami
sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk
2. menentukan
keliling dan luas. Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang
tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri.
3. Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan sifatsifat persegi panjang,
persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang
|
I
|
Segitiga dan SegiEmpat
|
|
15
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||
|
|
|
1.1 Memahami Jenis dan Sifat Segi Empat.
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Memahami Keliling dan Luas Segi Empat
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Memahami Jenis dan Sifat Segitiga
|
4
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Memahami Keliling dan Luas Segitiga
|
3
|
|
1
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5 Menaksir Luas Bangun Datar Tidak Beraturan
|
3
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Menentukan
nilai variabel dalam persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
2. Menggunakan
konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmetika social sederhana.
3. Membuat
dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
|
II
|
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu
Variabel serta Aritmatika Sosial
|
|
18
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||
|
|
|
2.1
Menemukan konsep Persamaan Linear Satu Variabel
|
3
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
Bantuk Setara (Ekuivalen)
Persamaan Linear Satu Variabel
|
4
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Menemukan
Konsep Pertidaksamaan
|
5
|
|
|
|
|
1
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4 Memahami
Aritmetika Sosial
|
6
|
|
|
|
|
|
1
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Memahami
konsep transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dilatasi) menggunakan
objek-objek geometri.
2. Menerapkan
prinsip-prinsip transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dilatasi) dalam
memecahkan permasalahan nyata.
|
III
|
Transformasi
|
|
16
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||
|
|
|
3.1 Memahami
Konsep Refleksi
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Memahami
Konsep Translasi
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Memahami
Konsep Rotasi
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4 Memahami
Konsep Dilatasi
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5
Menerapkan Transformasi dalam
Permasalahan Nyata
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Menemukan peluang
empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan
sekelompok data.
2.
Memahami teknik
penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafi k batang, diagram
lingkaran, dan grafi k garis.
3.
Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafi k.
4.
Melakukan percobaan
untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam
bentuk tabel dan grafi k.
|
IV
|
Peluang dan Statistik
|
|
18
|
|
||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
4.1 Memahami
Statistika
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Memahami
Peluang Empirik
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
5
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah JP Perminggu
|
75 JP
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
-
|
5
|
5
|
5
|
-
|
5
|
5
|
-
|
-
|
5
|
5
|
|
5
|
-
|
5
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|||
Keterangan : Minggu tidak efektif (sesuai warna)
:
Perkiraan Try Out UN untuk Kelas IX
: Perkiraan Ulangan Kenaikan Kelas
: Ulangan Tengah Semester (UTS)
: Remedial dan Pembagian
Raport
: Perkiraan UAMBN dan PPDB 2017/2018 : Libur Semester Genap, Perkiraan Hari Raya Idul Fitri dan
Cuti Bersama
:
Perkiraan Ujian Madrasah : Ulangan Harian (Diambil dari waktu cadangan)
:
Perkiraan Ujian Nasional (UN)
Komentar
Posting Komentar