contoh program semester ganjil kelas 7 pembelajaran matematika
PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan :
MTsN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
VII
Semester : Ganjil
Tahun Pelajaran : 2016/2017
KI.1
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
KD
|
BAB
|
Materi
|
Butir
Materi
|
Jumlah
JP
|
Bulan
|
KET
|
|||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
1. Membandingkan
dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung
bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat
operasi.
2. Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
|
I
|
Bilangan Bulat
|
|
32
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||
|
|
1.1
Membandingkan Bilangan Bulat
|
2
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
1.2
Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan
Bulat
|
5
|
|
|
3
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
1.3
Mengalikan dan Membagi Bilangan Bulat
|
5
|
|
|
|
3
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
1.4
Kelipatan dan Faktor Bilangan Bulat
|
3
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
1.5
Membandingkan Bilangan Pecahan
|
3
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
1.6
Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan
Pecahan
|
3
|
|
|
|
|
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
1.7
Mengalikan dan Membagi Bilangan Pecahan
|
3
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
1.8
Memahami bilangan rasional
|
5
|
|
|
|
|
|
|
1
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
1.9
Memahami pola bilangan
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1. Memahami
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan
dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
|
II
|
Himpunan
|
|
16
|
|
||||||||||||||||||||||||||
|
|
2.1
Memahami Konsep Himpunan dan
Diagram Venn
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
2.1
Memahami Relasi Himpunan
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
2.2
Memahami Operasi Himpunan
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1. Memahami
konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan
hubungan dua besaran atau lebih.
2. Menggunakan
konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel
dan grafik.
3. Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik.
|
III
|
Perbandingan
|
|
24
|
|
||||||||||||||||||||||||||
|
|
3.1
Memahami perbandingan
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
3.2
Menemukan perbandingan dua
besaran dengan satuan yang berbeda
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
5
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
3.3
Menyelesaikan masalah proporsi
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
3.4
Menyelesaiakan masalah skala
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
5
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2. Memahami
berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
3. Menerapkan
berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian
matematis serta pemecahan masalah nyata.
|
IV
|
Garis
Dan Sudut
|
|
20
|
|
||||||||||||||||||||||||||
|
|
4.1
Memahami kedudukan garis dan
sudut
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
5
|
3
|
|
|
|
|
|
||
|
|
4.2
Memahami Hubungan antar sudut
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
5
|
3
|
|
|
|
||
|
|
Ulangan Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
||
Jumlah JP Perminggu
|
100
|
-
|
-
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
-
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
-
|
-
|
-
|
|
Keterangan : Minggu tidak efektif







: Ulangan harian
(Diambil dari waktu cadangan)
Komentar
Posting Komentar